Kelakar Gus Dur

Sungguh luar biasa memang Gus Dur ini, menjelang prosesi pemakaman tokoh kita ini sepanjang jalan orang berkerumun untuk turut memberi penghormatan terakhir pada tokoh teladan kita semua ini. Seolah-olah semua orang tak ingin melewatkan hal ini, sementara rombongan simpatisan dengan kendaran roda empat yang ingin takziyah ke rumah duka di Jombang juga seabrek. Sehingga hal ini membuat jalanan menjadi macet. Ini disaksikan sendiri oleh penulis saat perjalanan dari Surabaya menuju ke lokasi pemakaman Gus Dur di Jombang.

Ditengah-tengah kemacetan inilah cerita ini berawal, sampai di Mojokerto semua kendaraan dialihkan, jalan utama disterilkan karena jenazah mau lewat. Sehingga jalanan menjadi macet total. Penulis mendengar selentingan demi selentingan dari para sopir angkutan umum, mereka pada nggrundel sendiri-sendiri karena terpikir bahwa hari ini setoran past ital terkejar. Bahkan seorang dari mereka sempat berucap,” Gus Dur..Gus Dur.. mau dimakamkan saja pake acara memacetkan jalan”, dengan mimic wajah yang penuh dengan kekesalan.

Sementara beberapa pedagang asongan yang lalu lalang penuh dengan rasa antusiasme yang besar, senyum mereka begitu tulus. Pandangan mereka mencerminkan perasaan bahagia yang sedemikian rupa sambil membayangkan keuntungan berlipat dari penjualan ini hari. Mungkin mereka juga berpikir dalam hati, seandainya Gus Dur meninggal setiap hari, cepat kaya kalee…

Lalu suara sirine rombongan mobil pembawa jenazah meraung-raung makin lama makin dekat. Tanpa ba bi bu mobil jenazah itu meluncur begitu saja tanpa menghiraukan simpatisan di kanan kiri jalan yang sudah berdiri sejak tadi, seolah sambil berucap,”begitu saja kok repot…”.

Surabaya, 1 Januari 2010

Tedjamaja, untuk mengenang sifat humoris Sang Kyai.

2 thoughts on “Kelakar Gus Dur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s