Petak Umpet Kehidupan

Ehm… ada begitu banyak misteri dalam kehidupan ini, takdir, nasib, masa depan, semua tak jelas, semua terasa masih samar bahkan sedetik berikutnya pun, kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi. Ada yang mengatakan, bahwa hadiah dari Tuhan itu tidak terbungkus peti yang indah, bertahtakan emas permata yang memikat hati. Tapi hadiah itu terikat untaian pita yang nampak ruwet, sulit terurai, bagaikan benang kusut. Memohonlah kepada-Nya agar diberikan kesabaran untuk bisa mengurai setiap jalinan pita itu, sebelum pada saatnya nanti akan menikmati hadiah terindah yang telah disiapkan-Nya. (al-Mu’tashim).

Kehidupan ini juga merupakan bagian dari hadiah itu, anugerah-Nya. Termasuk di dalamnya juga terdapat beragam pilihan yang kerap membuat kita bingung dalam menentukan pilihan. Semua masih penuh misteri, semua masih berupa tanda tanya besar, dan kerap itu membuat kita stress dibuatnya. Tidak memilih artinya kita tidak akan mendapatkan apa-apa dari hadiah itu tetapi salah memilih juga bisa melahirkan kekecewaan dalam kehidupan kita. Lantas harus bagaimana??

Kedewasaan kita dalam bersikap yang akan menentukan bagaimana masa depan kita, bagaimana kita menentukan pilihan demi pilihan agar kita bisa sampai pada cita-cita mulia kita.

Segala misteri yang diberikan Tuhan kepada kita adalah ibarat sebuah media permainan yang diberikan Tuhan buat kita semua, agar kita bisa bersenang-senang,  bermain-main di dalam kehidupan ini karena memang sesungguhnya kehidupan adalah sebuah permainan.  Tuhan sengaja membuat kehidupan ini menjadi penuh misteri agar kita bisa bermain-main seperti anak kecil yang sedang bermain petak umpet itu. Setegang bagaimanapun mereka, tetap itu sebuah permainan yang tidak serius sama sekali tapi harus tetap dimainkan dengan serius.

Dalam permainan juga melibatkan emosi, terkadang dibumbui dengan berbagai trik dan intrik tetapi justru disitulah letak keasyikan yang sesungguhnya, yang membuat kita menjadi kecanduan untuk bermain dan bermain lagi. Jadi, ya mainkan saja permainannya, jangan takut salah (tebak), jangan takut gagal. Toh, kalau hari ini kita gagal besok kita masih bisa bermain lagi dan lagi.

Lha, kalau memang begitu apa pantas kalau kita lantas bingung dan stress memikirkan kehidupan ini?? Ayo kawan, kita bersama-sama melanjutkan permainan “petak umpet” ini, santai aja men… jangan mudah menyerah, jangan takut gagal kalau misalnya tebakanmu gagal, ya kita bermain lagi dari awal, gampang kan?!

Tedjamaja, lagi bermain petak umpet

Surabaya, 3 Februari 2010

2 thoughts on “Petak Umpet Kehidupan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s