Kunci Meraih Sukses Kemauan, Kemampuan, Dan Kesempatan

Siapa yang tidak ingin sukses dalam kehidupan ini. saya rasa semua orang pasti sepakat untuk senantiasa meraih kesuksesan demi kesuksesan dalam kehidupan ini, disamping sebagai eksistensi diri kesuksesan juga bertujuan guna meningkatkan kualitas hidup agar lebih sejahtera dan sentosa.

Namun, sayangnya kesuksesan tidak akan datang dalam kehidupan kita begitu saja, melainkan semua butuh perjuangan dan kerja keras secara terus menerus, kontinyu dan istiqomah, tidak mudah putus asa dan selalu memiliki sudut pandang positif terhadap segala kenyataan yang dihadapinya. Karena hanya dengan begitu segala halangan dan rintangan akan dengan mudah kita hadapi tanpa menjadi beban yang berarti.

Kemauan

Modal utama yang harus dimiliki oleh setiap insan untuk meraih kesuksesan dalam kehidupannya adalah sebuah kemauan yang kuat. Karena dari kemauan ini akan menimbulkan sikap optimis terhadap segala perjuangan dan usahanya. Niscaya hal itu akan menjadikan ia sebagai manusia yang tahan banting, tidak mudah putus asa dalam setiap perjuangannya.

Mustahil, manusia akan dapat meraih kesuksesan jika manusia tersebut sama sekali tidak memiliki kemauan untuk berhasil, untuk sukses. Karena tanpa memiliki kemauan yang jelas berarti kita tidak memiliki arah dan tujuan yang pasti, lantas bagaimana kita bisa sampai pada tujuan kita sementara kita tidak atau belum memutuskan tujuan tersebut.

Dalam kehidupan beragama, kemauan ini disebut juga dengan niat. “Bahwa segala sesuatu tergantung pada niat pelakunya”. Hal ini memiliki arti bahwa dengan niat yang tulus dan jelas, dengan memiliki kemauan yang kuat akan menjadikan diri kita menjadi fokus terhadap apa yang kita cita-citakan, apa yang kita inginkan. Bikankah ada pepatah yang mengatakan, “dimana ada kemauan disitu pasti ada jalan”.

Kemampuan

Modal berikutnya adalah kemampuan. Kemampuan disini bisa memiliki arti sebagai ilmu, keahlian, maupun wawasan yang luas. Artinya, setelah kita memiliki tujuan yang jelas maka langkah berikut yang harus diambil adalah mempelajari segala sesuatunya tentang apa yang menjadi cita-cita kita tersebut.

Untuk memudahkan pemahaman, coba kita analogikan kemampuan ini seperti halnya manual book, buku petunjuk yang kita dapatkan jika kita membeli pesawat telivisi. Pemahaman serta penguasaan kita akan buku petunjuk ini akan menjadikan kita lebih mudah untuk mengoperasikan televisi tersebut sehingga kita bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal sesuai dengan keinginan kita tanpa ada kekhawatiran sedikitpun karena kita benar-benar paham betul.

Demikian juga dalam kehidupan ini, jika kita ingin sukses sebagai manager maka kita harus mengetahui dan paham segala ilmu maupun wawasan mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan ke-manager-an. Jika kita berharap bisa sukses sebagai seorang pebisnis tentu saja kita harus paham dengan apa-apa yang ingin kita bisniskan itu.

Kemampuan ini merupakan bekal berharga yang akan membuat kita bisa menikmati setiap perjalanan untuk menggapai kesuksesan tanpa mengalami hambatan yang berarti.

Kesempatan

Namun, hanya dengan modal kemauan baja serta kemampuan yang  mumpuni masih belumlah cukup untuk bisa meraih kesuksesan. Masih diperlukan satu tambahan modal lagi yang tak kalah penting, yakni kesempatan. Bagaimanapun kuatnya kemauan kita, bagaimanapun pandainya kita tapi jika kesempatan belum berpihak kepada kita semua juga akan sia-sia belaka.

Tetapi tak perlu khawatir karena kesempatan saya rasa selalu ada di hadapan kita. Tinggal kita peka apa tidak karena biasanya kelemahan kita terletak pada lemahnya kemampuan kita dalam membaca peluang yang ada. Dengan kata lain sebenarnya kesempatan ini bisa kita ciptakan. Pandai-pandailah kita dalam membaca kesempatan dan jika tidak kau dapatkan kesempatan itu maka segeralah ciptakan kesempatan itu untuk dirimu. Kalau saya ibaratkan, kesempatan ini seperti seorang perempuan yang malu-malu kucing untuk menyatakan perasaan cintanya pada seorang pemuda, ia selalu menunggu saat-saat terindah dimana pemuda tersebut menghampirinya lalu menyatakan perasaan cinta kepadanya. Kira-kira begitulah…

Sudah! Tunggu apa lagi segera baca saat ini juga kesempatan yang ada dihadapan anda dan kalau belum anda dapatkan juga segera ciptakan kesempatan itu sebaik mungkin dan seindah mungkin sesuai dengan harapan dan cita-cita anda semua. Salam sukses selalu untuk anda!

Tedjamaja, go to success!

Surabaya, 14 Februari 2010. 22.00 wib

4 thoughts on “Kunci Meraih Sukses Kemauan, Kemampuan, Dan Kesempatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s