Gus Dur, Antara Pandawa dan Kurawa

Ada yang menarik untuk disimak dalam peringatan tujuh hari wafatnya Gus dur kemarin. Dalam sambutan yang disampaikan oleh Yenny Wachid semalam, Mba Yenny berbicara tentang cerita yang pernah disampaikan oleh Gus Dur kepada anaknya itu, yakni cerita tentang Pandawa dan Kurawa.

Dalam cerita pewayangan, Pandawa selalu dikisahkan sebagai sosok yang baik hati, sosok pahlawan yang selalu bisa jadi teladan buat orang banyak. Bahkan kalau boleh dikatakan bahwa Pandawa adalah sebuah bentuk imajiner gambaran dari manusia yang sempurna. Tokoh protagonis dalam cerita pewayangan.

Sedangkan Kurawa menjadi tokoh antagonis dalam cerita pewayangan, manusia yang selalu diselimuti oleh rasa iri dan dengki, suka hasut, culas, licik, gila kekuasaan dan menghalalkan segala cara.

Dari cerita tersebut, Gus Dur ingin memberikan pelajaran kepada anak-anaknya atau siapa saja yang mau menganggap Gus Dur sebagai bapaknya (bukankah beliau adalah bapak bangsa) jadi pelajaran itu sebenarnya ditujukan kepada semua orang baik muslim atau bukan, jawa atau bukan, pribumi atau ekspatriat, kulit hitam atau putih karena memang semangat pluralisme beliau sungguh luar biasa.

Hikmah dari cerita tersebut adalah hormatilah semua orang siapapun itu tanpa pandang bulu, dari golongan kurawa sekalipun meski kurawa digambarkan sebagai sosok yang penuh dengan dosa karena sebenarnya kurawa-pun sedang berupaya untuk bisa menjadi Pandawa sesuai dengan pemahamannya, Artinya, orang jahatpun sedang berupaya untuk menjadi baik. Jadi, sudah sepantasnya jika kita mesti menghormatinya bukan malah menyalahkannya, apalagi mengucilkan mereka.*

Itu pendapat saya, bagaimana dengan Anda? Silahkan menuliskannya dalam komentar di bawah ini.

 

Surabaya, 6 Januari 2010

Tedjamaja, mengidolakan Sang Idola, Gus Dur.

*Postingan lama yang baru dipublikasikan

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s