Dewasa Itu Pilihan

34 tahun sudah saya melewati kehidupan ini. Sebuah perjalanan yang cukup panjang tentunya. Kalau merujuk pada usia Rasulullah SAW, maka sudah separo lebih perjalanan hidup ini saya jalani. Tentunya beragam pengalaman dan kejadian sudah saya alami. Saya teringat tagline sebuah iklan, “Tua itu pasti. Dewasa itu pilihan”. Memahami isi iklan ini, saya jadi berfikir, seiring bertambah (berkurang) usia ini, semakin dewasa-kah diri ini atau malah sebaliknya kedewasaan ini tak bertambah sama sekali. Naudzubillah.

Kedewasaan seseorang sangat dipengaruhi oleh usahanya dalam memaknai setiap sisi kehidupan, baik susah maupun senang, pahit ataupun manis. Sikap seseorang dalam menghadapi pengalaman-pengalaman inilah yang “memahat” jiwa secara perlahan namun secara pasti membentuk karakter

(kedewasaan)-nya. Dan sikap inilah yang membedakan antara seorang pecundang dan seorang pemenang. Semakin banyak persoalan yang dihadapi maka semakin besar pula kesempatan seseorang untuk menjadi lebih dewasa. Sebaliknya, semakin kita menjauhi setiap persoalan maka semakin jauh pula kesempatan kita untuk menjadi lebih dewasa.

Persoalan-persoalan yang ada dalam kehidupan kita, yang mungkin kerap menguras air mata adalah bentuk lain dari karunia Allah kepada hamba-Nya yang terpilih. Jadi, jika kita mengalami persoalan-persoalan yang lebih rumit dibanding orang lain maka percayalah bahwa kita termasuk manusia terpilih itu. Sabar, tawakal, serta ikhlas menghadapi setiap persoalan adalah jalan terbaik yang bisa kita lakukan. Begitulah cara Allah mendidik dan melatih kita untuk menjadi pribadi yang unggul dan tangguh. Pribadi yang siap menerima karunia Allah yang lebih besar lagi. Bukankah, Allah juga menggembleng Nabi Muhammad SAW selama 40 tahun?

Sidoarjo, 17 Desember 2012. 17.55 wib.

By Tedjamaja (edisi ulang tahun).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s