TEKAD

Sudah menjadi tekad saya, bahwa dalam satu minggu minimal satu tulisan yang harus saya tulis. Entah apapun itu jenis tulisannya, bisa cerpen, puisi, artikel, esai, catatan kecil, ataupun sekedar curhat biasa, semacam menulis diary begitu. Kenapa kok menulis? Saya sepakat dengan iklan yang pernah disampaikan oleh AS. Laksana dalam bukunya yang berjudul Creative Writing (2006). Begini bunyi iklan itu, “Anda ingin mengembangkan kreativitas? Dekatkan tangan dengan otak Anda?”

Masih menurutnya, diantara anggota tubuh yang lain, tangan adalah alat tubuh yang paling dekat hubungannya dengan kreativitas isi kepala kita. Otak kita merancang sesuatu, dan tangan kita yang mengerjakannya. Seorang petani berfikir bagaimana cara terbaik untuk mengolah tanahnya dan tangannyalah yang mengerjakan untuk mewujudkan apa yang dipikirkannya itu.

Menulis adalah sebuah keterampilan. Sebagaimana layaknya sebuah keterampilan lainnya maka agar kita mahir dan terampil dalam menulis maka tidak ada cara lain kecuali dengan membiasakan diri untuk menulis. Kebiasan menulis itulah yang akan melatih diri kita hingga mahir menjadi seorang penulis.

Untuk itu, sebelum saya mahir menulis dan sebelum saya sukses sebagai seorang penulis maka hal pertama yang harus saya lakukan adalah bertekad untuk membiasakan diri menulis secara kontinyu (istiqomah). Saya sangat yakin dan percaya bahwa begitu banyak jalan yang dilakukan oleh orang-orang sukses itu, namun yang pertama kali mereka lakukan adalah membangun tekad untuk menjadi sukses. Dan inilah tekad saya. Lantas bagaimana dengan tekad Anda?

Sidoarjo, 04 Januari 2013. 15.17 WIB

by Tedjamaja

Tinggalkan Balasan

