Jika 1 Sama Dengan 1400

“Karena rutin bersedekah, Allah selalu memberikan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka, termasuk menyelamatkan perusahaan kami dari kebangkrutan”, ungkap Saudara Aris Akbar dalam rubrik Quote, Jendela NH, edisi Desember 2012.

Ungkapan senada hampir selalu ditayangkan Jendela NH dalam setiap edisinya. Jadi, bisa disimpulkan bahwa keajaiban bersedekah sudah dirasakan manfaatnya oleh begitu banyak orang. Bukankah Allah memang senantiasa menepati janjinya, sebagaimana firmannya, “… sungguh Engkau sama sekali tidak akan pernah menyalahi janji.” (QS. Ali Imran [3]: 194). “… sesungguhnya janji Allah adalah benar…” (QS. Ar-Rum [30]: 60).

Namun terkadang masih ada juga sebagian manusia yang meragukan mengenai keajaiban sedekah ini. Padahal kalau kita mau melihat sejenak lingkungan di sekitar kita, orang-orang yang dikaruniai kelimpahan rezeki adalah mereka para dermawan, yang artinya adalah orang-orang yang gemar bersedekah. Lantas logikanya dimana?

Berikut logika yang diberikan oleh Al-Qur’an mengenai keajaiban sedekah ini. Pertama, hal ini disampaikan Al-Qur’an dalam Surat Al-Baqarah [2] ayat 261, “Perumpamaan orang-orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang dikehendaki, dan Allah Maha Luas lagi Maha Mengetahui.”

Penjelasannya:

setiap 1 butir benih akan tumbuh menjadi 7 tangkai. Dan setiap tangkai menghasilkan 100 biji.

Y = 1 (benih) x 7 (tangkai) x 100 (biji)

y = 1 x 7 x 100

y = (1x10x700)x

y = 700x …………………………………………………………….. (1)

Artinya: berapapun harta yang kita infakkan, maka Allah akan membalasnya sebanyak 700 kali lipat. “Barangsiapa yang menafkahkan hartanya di jalan Allah dan menyediakan di tempat tinggalnya (shadaqah) maka untuk setiap dirham (yang dikeluarkan) dibalas dengan 700 dirham.” (HR: Ibnu Majah).

Kedua, sebagaimana firman Allah dalam surat Al-Baqarah [2] ayat 265, “Dan perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya untuk mencari ridha Allah dan untuk memperteguh jiwa mereka, seperti sebuah kebun yang terletak di dataran tinggi yang disiram oleh hujan lebat, maka kebun itu menghasilkan buah-buahan dua kali lipat. Jika hujan lebat tidak menyiraminya, maka embun (pun memadai). Allah Maha Melihat Apa yang kamu perbuat.”

Penjelasan:

Jika dari ayat yang pertama (QS. Al-Baqarah [2]: 261) diperoleh persamaan y = 700x, maka dengan ditambah ayat yang ini (QS. Al-Baqarah [2]: 265) diperoleh persamaan y = (700 x 2)x

y = 1400x …………………………………………… (2)

Jadi, jika kita menginfakkan harta kita Rp. 1.000,- maka (insyaallah) balasan yang diberikan oleh Allah adalah sebesar Rp. 1.400.000,-

y = 1400x

y = 1400 x 1000

y = 1.400.000

sebuah angka yang spektakuler bukan?! Itulah janji Allah buat orang-orang yang mau menginfakkan hartanya di jalan-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Rahmaan dan Rahiim kepada hamba-hamba-Nya yang senatiasa sujud kepada-Nya, memohon maghfirah-Nya dan semata-mata mencari keridhaan-Nya. Wallahu’alam.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s