Mental!

Banyak orang bilang bahwa lingkungan memberi andil yang cukup besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan manusia. Hal ini memang benarnya, namun lingkungan bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi perkembangan dan kehidupan manusia.

Salah satu contoh, Jepang. Secara geografis, Jepang tidak memiliki kontur tanah yang cocok untuk dijadikan lahan pertanian, namun bangsa Jepang dengan segala kemampuan dan kemauannya untuk belajar dan berkembang bisa menyelesaikan persoalan bangsanya untuk maslah pangan. Jepang cukup mandiri dalam hal ini!

Begitu juga dengan salah seorang sahabat saya. Terlahir sebagai anak kampung yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan tidak membuatnya patah arang untuk belajar. Meskipun pada saat itu anak seusia dia lebih direstui orangtuanya untuk membantu di ladang atau di sawah daripada harus melanjutkan studi ke kota. Dan kegigihan serta semangatnya untuk belajar dan belajar, semangatnya untuk berkembang dan berkembang akhirnya membuahkan hasil juga. Kini sahabat saya itu menjadi orang ‘penting’ di daerahnya, menjadi sosok yang sangat disegani karena kecakapannya dan keahliannya. Saya kok malah punya feeling, bahwa sahabat saya itu kelak akan menjadi orang penting pula di negeri ini, Indonesia!

Dari dua contoh di atas, dapat kita ambil simpulan bahwa kesuksesan seseorang sangat dipengaruhi oleh mentalitasnya, bukan sekedar pengaruh dari lingkungannya. Justru sikap mental yang positif dapat merubah lingkungan negatif menjadi positif. Sekarang yang menjadi pertanyaan, sudah siapkah mental kita untuk membuat perubahan dalam kehidupan ini?

Gresik, 14 Februari 2013. 16.15 wib

by tedjamaja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s