Bicara Tentang Kepemimpinan

Sebagaimana kita ketahui selama ini, bahwa bicara mengenai kepemimpinan berarti bicara mengenai pengaruh. John Maxwel, pakar kepemimpinan mengatakan bahwa pemimpin adalah pengaruh, dan itu berarti memimpin sama dengan seni mempengaruhi orang lain.

Dalam sebuah acara diskusi yang dihelat oleh lembaga kepemudaan “Maju Mundur Pantang Takut” Bang Sukir, tokoh pemuda asal Mojokerto sebagai salah satu narasumber pada acara tersebut menyampaikan 5 faktor yang dapat meningkatkan pengaruh seorang pemimpin kepada para pengikutnya.

“Seorang pemimpin harus memiliki pengaruh bagi orang yang dipimpinnya. Mustahil seseorang dapat memimpin dengan baik jika ia tidak memiliki pengaruh. Ada 5 faktor yang akan membuat pengaruh seseorang menjadi semakin besar, yakni (1) JABATAN; secara otomatis jabatan akan memberi pengaruh tersendiri bagi seseorang, karena ia memiliki otoritas untuk membuat kebijakan. Namun, pemimpin yang hanya mengandalkan faktor jabatan ini, biasanya pengaruhnya hanya kecil. Begitu jabatan hilang maka pengaruhnya juga akan hilang.

(2) TELADAN; sudah lazim kita dengar bahwa cara terbaik untuk memberi nasehat adalah melalui contoh, perilaku, atau tindakan nyata. Pemimpin yang bisa memberi contoh positif bagi anak buahnya maka ia akan memiliki pengaruh lebih baik dibanding mereka yang memimpin dengan hanya mengandalkan jabatannya.

(3) RELATIONSHIP; membina hubungan baik. Sebagaimana kata bijak yang sering kita dengar “sesungguhnya kebaikan yang kita lakukan pada orang lain akan kembali kepada kita”. Maka berbuat baiklah pada semua bawahan maka mereka secara otomatis juga akan melakukan yang terbaik untuk Anda.

(4) PROBLEM SOLVING; memecahkan masalah. Pemimpin yang baik adalah seorang pemimpin yang peduli kepada bawahannya. Ia bukan hanya bisa meminta kepada bawahannya untuk menjalankan perintah tapi ia juga peka terhadap persoalan anak buahnya, dan dengan ringan tangan ia akan membantu untuk memecahkan persoalan tersebut, baik diminta ataupun tidak.

(5) MENGEMBANGKAN ANAK BUAH. AA Gym, mengatakan bahwa kesuksesan kita sebenarnya adalah kesuksesan orangtua, guru, dan orang lain yang berjasa mengembangkan kemampuan kita. Artinya pemimpin yang sukses adalah pemimpin yang bisa mensukseskan orang lain (anak Buahnya).

Jika kita bisa melakukan 5 faktor di atas, maka otomatis kita akan menjadi pemimpin yang hebat, pemimpin yang memiliki pengaruh luar biasa. ‘Sesungguhnya kita semua adalah pemimpin dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawabannya’,” jelasnya panjang lebar. (and)

*Seperti biasa, nama tokoh dan lembaga hanya rekasa belaka. jika ada kesamaan itu merupakan suatu kebetulan belaka.

2 thoughts on “Bicara Tentang Kepemimpinan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s