Menunggu Munculnya Satrio Piningit

Gonjang-ganjing mengenai tampuk pimpinan PC GP Ansor Kab. Mojokerto beberapa waktu lalu rupanya masih menyisakan tanda tanya.

Taufiqur Rahman atau yang biasa dipanggil Gus Topik, tokoh spiritual asal Mojosari ini memberikan petuahnya, bahwa kejayaan Indonesia, begitupun dengan Ansor akan mengalami masa kejayaan saat munculnya satrio piningit.

“Sudah jelas sebagaimana yang pernah diramalkan oleh Joyoboyo dan ditulis ulang oleh RA. Ronggowarsito, bahwa Indonesia akan berada pada masa kejayaannya saat kemunculan satrio piningit. Begitu pula dengan nasib Ansor, sebelum kemunculannya satrio piningit, maka selama itu pula organisasi ini akan mengalami gonjang-ganjing. Jadi kita harus bersabar, tunggu saja saat itu tiba,” katanya saat kami temui disela-sela meditasinya beberapa waktu lalu.

Beda Gus Topik beda pula dengan analisa dari Kang Ucup, tokoh pemuda dari Dawarblandong ini mengenai sosok satrio piningit. Menurut beliau, satrio piningit bukanlah sosok manusia melainkan sifat bawaan uang mensifati manusia.

“Satrio piningit merupakan gabungan dari dua kata sifat. Satrio artinya seorang kesatria pemberani yang berjuang buat kemaslahatan orang lain. Sedangkan Piningit artinya menyembunyikan diri, ini senada dengan istilah ‘rame ing gawe sepi ing pamrih’. Satrio piningit bekerja atas dasar kesadaran diri, bahwa ia adalah mahluk Allah yang memiliki tugas untuk memakmurkan semesta. Bukan bekerja atas kepentingan pribadi. Jadi organisasi apapun, entah itu sekelas negara ataupun sekelas organisasi semacam GP Ansor pasti akan mengalami kejayaannya jika dikendalikan oleh orang-orang yang berkepribadian satrio piningit,” ujarnya panjang lebar. (and)

*nama tokoh hanya fiktif belaka, jika ada kesamaan itu merupakan kebetulan belaka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s