Uniknya Pribadi Manusia

Bicara mengenai manusia tak akan pernah ada habisnya. Setiap manusia memiliki karakternya masing-masing. Konon, tak satu pun manusia di muka bumi ini yang diciptakan Tuhan sama persis. Inilah salah satu bukti kebesaran Tuhan.

Namun demikian, menurut pakar psikologi dari Bangsal, Mojokerto, Bu Ita Juita, karakter manusia selalu dipengaruhi oleh 4 hal, yakni Dominant, Influencial, Steady, Compliant. Atau yang dikenal dengan istilah “Behavioral Style: DISC”.

“Sebenarnya manusia itu memiliki komposisi karakter yang sama, yakni: Dominant, Influencial, Steady, & Compliant. Atau yang biasa dikenal dengan istilah ‘Behavioral Style: DISC’. Dari 4 komposisi itu setiap manusia memiliki sisi mana yang paling menonjol, maka itulah yang terlihat pada pola perilakunya atau yang paling mempengaruhi karakternya.

Orang Dominant; cenderung pengkuh (istilah jawa); keras kepala. Kalau menghendaki sesuatu harus segera tersedia. Tak peduli bagaimanapun caranya. Orang seperti ini biasanya sangat cocok menjadi pemimpin, namun jika tidak diimbangi dengan karakter lainnya maka ia cenderung menghalalkan segala cara.

Orang Influencial; mereka lebih banyak bicara, suka bercerita. Orang tipe ini senang berhubungan dan diterima dalam suatu kelompok. Mereka lebih cocok jika berada pada suatu komunitas tertentu, misal komunitas motor gede, dan yang sejenisnya.

Orang Steady; tidak suka pada perubahan. Orang dengan karakter ini enggan melakukan sesuatu yang baru, bahkan dalam aktivitas sehari-hari pun ia lebih suka melewati jalan yang sama atau berteman dengan orang yang selalu sama.

Orang Compliant; tipe orang yang penuh dengan perhitungan. Mereka sangat memperhatikan kualitas. Ingin segala sesuatu teratur dan mengikuti peraturan. Jika Anda mau pergi dengan orang tipe ini, maka Anda harus bersabar karena biasanya ia banyak menghabiskan waktu untuk menyiapkan ini-itunya terlebih dahulu.

Semua orang memiliki 4 karakter tersebut namun dengan komposisi yang berbeda,” demikian beliau menerangkan.

Jadi, Anda dominan pada yang mana nih, tipe Dominant, Influencial, Steady, ataukah Compliant? (and)

*seperti biasa, nama tokoh hanya rekayasa. jika ada kesamaan nama itu hanya kebetulan belaka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s